Hari Ini Pengrajin Akik Direlokasi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Hari Ini Pengrajin Akik Direlokasi

Kadispenda : Pedagang yang Minta Dipindahkan, Banyak Pungutan Tambahan Selain Retribusi Pemkot

Kendari, KP

[dropcap]W[/dropcap]arning Pemkot Kendari kepada pedagang batu akik untuk segera angkat kaki dari kawasan MTQ Square memang bukan sekadar gertak belaka. Tiga hari pasca peringatan melalui surat yang dilayangkan Dispenda kepada Paguyuban Pedagang Batu Akik Kendari namun tak diindahkan, Pemkot kemudian mengambil langkah tegas dengan agenda membongkar lapak pedagang mulai Kamis (2/6) hari ini.

SUWARJONO/KENDARI POS__Sesuai agenda, hari ini Pemkot Kendari akan merelokasi ratusan pengrajin dan pedagang batu akik yang selama ini beraktivitas di MTQ Square ke kawasan Paddys Market.

SUWARJONO/KENDARI POS__Sesuai agenda, hari ini Pemkot Kendari akan merelokasi ratusan pengrajin dan pedagang batu akik yang selama ini beraktivitas di MTQ Square ke kawasan Paddys Market.

Penegasan tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendapatan Kota Kendari, Nahwa Umar. “Keputusan itu diambil atas pantauan Pemkot terhadap kondisi lingkungan MTQ Square beberapa waktu belakangan. Sudah kotor, parah sekali, bau, kacau dan kumuh,” deskripsinya. Selain itu, niat pemerintah untuk merelokasi juga didasari oleh permintaan pedagang batu akik itu sendiri. Terungkap, ada pungutan tambahan yang dilakukan oknum selain dari kebijakan Dispenda.

“Sebelumnya pedagang batu akik sendiri yang datang, mereka minta dipindahkan karena sudah kumuh dan banyak pungutan. Bahkan laporannya satu lapak bisa Rp 60 ribu setiap hari. Padahal dalam aturan,  retribusi Pemkot hanya Rp 5 ribu saja,”  ungkapnya. Masih kata mantan Kepala Inspektorat itu, dalam urusan PAD juga disinyalir sudah terjadi kebocoran. “Yang dilaporkan pengelola internal mereka itu ke Pemkot hanya 40 pengrajin. Jadi Rp 5 ribu dikalikan 40 kan hanya Rp 200 ribu perhari yang masuk ke kas daerah. Ternyata begitu didata ulang, ada 140 pedagang batu akik. Lalu ke mana retribusi selebihnya,” tanya  Nahwa.

Atas berbagai pertimbangan itulah, Pemkot memutuskan untuk merelokasi ke Paddys Market. “Para pedagang lama di Paddys Market juga dengan tangan terbuka menerima. Jadi sudah ada surat penyampaian tanggal 29 dikosongkan, tapi belum ada gerakan. Jadi kita tegas besok (hari ini) kita pindahkan. Keputusan itu juga sudah diparipurnakan di dewan. Rekomendasi DPRD ke Pemkot itu, untuk segera memindahkan pedagang batu,” sambungnya.

Sementara itu, ratusan pedagang yang tergabung dari Asosiasi Pedagang Kota Kendari dipertemukan di gedung DPRD, kemarin. Suasana hearing sempat memanas karena para pedagang di pasar resmi dan pedagang batu akik yang berkeinginan menggelar Ramadan Fair bersikukuh pada pendirian masing-masing. Para pedagang lokal dan semala ini berativitas pada sejumlah pasar resmi menolak digelarnya Ramadan Fair dan mendukung pemerintah merelokasi pedagang batu akik ke Paddys Market. Sedangkan pedagang batu akik menginginkan sebaliknya. Agenda dengar pendapat itu akhirnya disimpulkan DPRD dengan menyatakan mendukung keputusan pemerintah. “Pengambil keputusan itu pemerintah, kalau dilarang menjual di MTQ itu karena berbagai pertimbangan positif juga. Pro kontra seperti ini adalah biasa dan kita harus mencari solusi seadil-adilnya,” ungkap Wakil Ketua DPRD Kota Kendari, Husein Machmud usai memimpin hearing.

Kasat Pol PP Kota Kendari, Suhardin menegaskan mulai hari ini seluruh personilnya sudah siap bergerak membongkar lapak pedagang batu di eks MTQ itu. “Kita bongkar dulu tenda-tenda yang sudah berdiri untuk Ramadan Fair. Setelah itu baru batu akiknya, kita akan minta bantuan personil dari kepolisian dan TNI,” jelasnya. (a/ely)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top